TERNYATA INI MANFAAT BIOLOGI DIBIDANG FARMASI

Ilmu biologi biasanya digunakan untuk penelitian lanjutan dalam bidang farmasi dan digunakan untuk menggambarkan properti yang akan muncul dari berbagai jaringan biologi. Selain itu juga ilmu biologi juga bertujuan untuk menggambarkan dan memprediksi berbagai proses farmasi seperti proses kuantitatif dan proses molekuler. Kini banyak penemuan dalam bidang biologi digunakan sebagai komponen pendukung dalam bidang farmasi. Lewat ilmu biologi seseorang yang bekerja di bidang farmasi bisa menemukan lebih banyak solusi atas masalah kesehatan, mari temukan berbagai manfaat biologi dibidang farmasi.

Ini dia 15 manfaat biologi dibidang farmasi beserta penjelasannya, yuk! Mari kita simak bersama.

15 MANFAAT BIOLOGI DI BIDANG FARMASI YANG SANGAT MEMBANTU

Seperti yang kita tahu bidang farmasi bergerak di bidang kesehatan obat-obatan yang bisa membantu makhluk hidup menjalani hidupnya dan menjadi solusi bagi makhluk hidup melawan virus, bakteri dan mutasinya. Sedangkan biologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Maka dari itu kedua bidang ini memiliki kesinambungan. Lalu jika memang terkait apa saja manfaat biologi yang dapat memberikan solusi lebih lagi di bidang farmasi?

  • Pembuatan Antibodi Monoklonal

Antibodi sendiri memiliki pengertian sebagai suatu protein yang biasanya dihasilkan oleh sistem imunitas (kekebalan tubuh) yang mempunyai fungsi utama untuk melakukan perlindungan dan juga perlawanan terhadap tubuh yang sudah terinfeksi bakteri. Sehingga ilmu biologi berperan cukup besar dalam pembuatan antibodi monoklonal ini. 

  • Pembuatan Antibiotik untuk Bakteri dan Jamur

Antibiotik merupakan suatu zat yang diproduksi dari mikroorganisme maupun bakteri baik dan memiliki fungsi sebagai pendukung dalam proses penyembuhan suatu penyakit tertentu yang ada di dalam tubuh. Cara pembuatan antibiotik ini biasanya menggunakan rekayasa genetika.

  • Pembuatan Vaksin

Dalam setiap proses pembuatan vaksin pasti selalu menerapkan ilmu biologi sebagai pendukung pengembangannya. Pembuatan vaksin dilakukan dengan cara rekayasa genetika dan diperlukannya sampel yang diambil dari makhluk hidup. Lebih spesifiknya, vaksin dibuat melalui proses pengisolasian terhadap gen tertentu yang nantinya akan mengkode antigen dan bisa ditemukan dari mikroba yang bersangkutan. 

  • Pembuatan Vitamin Sintetik

Kini sudah banyak ditemukan vitamin yang terbentuk melalui proses sintetik. Karena harganya yang relatif lebih murah dan memiliki tingkat keefektifan yang sama dengan vitamin organik serta memiliki standar, garansi potensi dan stabilitas yang lebih baik menjadi alternatif yang cukup diminati. Ini merupakan contoh riil manfaat dari penerapan ilmu biologi dalam bidang farmasi

  • Pembuatan Enzim Buatan

Dalam proses penelitian dan pembuatan enzim-enzim baru biasanya melalui proses rekayasa genetika terlebih dahulu. Tentunya enzim berfungsi untuk mempercepat reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup. Bahkan kini Indonesia pun sudah memiliki unit produksi enzim buatan lokal.

  • Pembuatan Hormon Insulin Buatan

Proses pembuatan hormon insulin buatan ini menggunakan proses rekayasa genetika. Dimana adanya tahap penyisipan bakteri Escherichia coli bersamaan dengan suatu gen pembentuk hormon insulin yang terdapat pada manusia.

  • Pembuatan Obat Tradisional atau Jamu

Pada dasarnya obat merupakan senyawa kimia yang aktivitasnya kemungkinan besar bisa mempengaruhi organisme hidup. Begitu pula setiap senyawa yang terkandung di dalam bahan-bahan racikan obat tradisional atau jamu. 

  • Mendukung Kemajuan Bidang Ilmu Kedokteran

Tentunya di dalam ilmu kedokteran ilmu biologi sangatlah penting dan berperan besar. Selain itu kemajuan bidang kedokteran ternyata sangat dipengaruhi oleh bidang farmasi. Kedua bidang tersebut memang saling berkesinambungan dan tidak dapat dilepaskan. Tanpa adanya hasil analisis dan penelitian tentang kefarmasian makan ilmu kedokteran akan mengalami ketimpangan. 

  • Meningkatkan Mutu Kesehatan

Pekerjaan seorang farmasi adalah melakukan analisis dan penelitian. Bayangkan jika seorang farmasi terus melakukan penelitian dan analisis untuk pengembangan bidang kesehatan. Tentu akan meningkatkan mutu kesehatan karena pemutakhiran sebuah obat juga penemuan-penemuan baru seorang farmasi. Tidak hanya itu saja, solusi terhadap pencegahan dan penyembuhan suatu penyakit yang sudah ada maupun penyakit baru bisa dilakukan dengan tingkat resiko yang lebih rendah. 

  • Membantu Penelitian Berbagai Macam Penyakit

Munculnya penyakit baru mendorong para ilmuwan untuk melakukan penelitian terhadap penyakit tersebut guna dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kondisi biologis manusia atau makhluk hidup lainnya yang terpapar penyakit baru tersebut. Para ilmuwan pun juga dituntut untuk memberikan hasil analisis dan penelitian dalam waktu yang relatif singkat, agar penanganan bisa segera dilakukan.

  • Memahami Respon Tubuh Terhadap Bahan Kimia Tertentu

Di dalam ilmu biologi akan mendalami tentang reaksi tubuh terhadap sesuatu atau benda asing yang ada di dalam tubuh. Namun sebagai seorang farmasi yang bertugas untuk melakukan penelitian untuk menciptakan dan atau memutakhirkan obat-obatan, maka diperlukannya pemahaman yang jelas mengenai respon tubuh manusia terhadap reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh manusia. Sehingga dapat tercipta sebuah solusi yang memiliki tingkat resiko sangat kecil.

  • Membantu Penelitian Spesies Baru untuk Pengobatan

Akan selalu ada perkembangan di dalam dunia farmasi terlebih lagi munculnya penemuan-penemuan baru yang menjadi langkah awal untuk mencegah datangnya penyakit, virus maupun bakteri. Untuk itu diperlukannya penelitian yang dilakukan terhadap spesies-spesies baru.

  • Membantu Memajukan Perkembangan Obat-obatan

Perubahan pola hidup, perubahan kondisi lingkungan dan perkembangan teknologi menjadi faktor yang memicu munculnya penyakit-penyakit baru. Oleh karena itu para ahli berlomba-lomba untuk melakukan penelitian demi menciptakan obat-obat baru yang mungkin memiliki kualitas jauh lebih baik dari sebelumnya. Sehingga di masa yang akan datang perkembangan obat-obatan semakin banyak.

  • Menentukan Proses Biologis dalam Pembentukan Senyawa Obat-obatan Tertentu

Dalam proses pembuatan obat melibatkan banyak sekali senyawa kimia. Ilmuwan perlu mempelajari bagaimana sifat-sifat reaksi senyawa kimia terhadap respon tubuh. Banyak pertimbangan dan percobaan yang dilakukan sehingga bisa menentukan proses biologis yang terbaik dalam rangka pembuatan dan senyawa dari obat-obat yang dikembangkan. 

  • Membantu Meningkatkan Kesehatan

Semakin banyaknya penelitian yang dilakukan artinya akan semakin banyak solusi yang tercipta untuk pengobatan dan penyembuhan di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Masalah kesehatan dapat tertangani dengan baik karena ketersediaan obat atau sarana kesehatan yang mampu mendukung proses pengobatan dan penyembuhan. 

Faktanya, manfaat biologi dibidang farmasi itu ada banyak untuk memberikan solusi yang tepat bagi masalah kesehatan di masa sekarang dan masa mendatang. Kedua hal ini pun tidak dapat dipisahkan dan akan terus berkesinambungan. Seperti yang sudah dijelaskan, kita bisa melihat bahwa banyak penelitian dan pengembangan ilmu farmasi banyak menggunakan metode rekayasa genetika dimana peran biologi menjadi sangat penting dalam sebuah penelitian tentang obat-obatan. Demikian penjelasan mengenai manfaat biologi di bidang farmasi, semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu.