Apa itu Farmasi Industri dan Perbedaannya dengan Farmasi Klinis

Munculnya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu tentu membuat dunia farmasi seakan menjadi sorotan. Bahkan tak sedikit pula orang yang akhirnya mendalami dunia farmasi, namun tak sedikit juga orang yang menyepelekan dunia farmasi. Farmasi sendiri terdiri dari beberapa sektor, salah satunya adalah farmasi industri. Farmasi industri adalah salah satu hal yang penting untuk diketahui. Mengapa? Berikut ulasannya.

Terus pengertian yang sebenarnya itu bagaimana?

Farmasi industri bisa dikatakan sebagai sistem yang vital, bagaimana tidak? Karena industri berperan besar dalam penemuan, pengembangan, dan pembuatan obat- obatan (farmasi) yang dilakukan baik oleh organisasi publik dan swasta.

Di era modern, farmasi industri memiliki peran dalam isolasi dan pemurnian senyawa, sintesis kimia, hingga komputerisasi desain obat. Farmasi industri dianggap telah dimulai pada abad ke-19, ribuan tahun setelah intuisi dan coba-coba membuat manusia percaya bahwa tanaman, hewan, dan mineral mengandung khasiat obat.

Penyatuan penelitian pada abad ke-20 di bidang-bidang seperti kimia dan fisiologi lah yang akhirnya meningkatkan pemahaman tentang proses penemuan obat.

Sementara itu, untuk mengidentifikasi target obat baru, mendapatkan persetujuan peraturan dari lembaga pemerintah, dan teknik penyempurnaan dalam penemuan dan pengembangan obat adalah beberapa tantangan yang dihadapi industri farmasi saat ini.

Perbedaan Farmasi Industri Dengan Farmasi Klinis

Farmasi industri mungkin seringkali tertukar atau disamakan dengan farmasi klinik. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Jika farmasi industri adalah sebuah proses penemuan dan produksi obat-obatan. Maka farmasi klinik adalah pengoptimalan penggunaan dari obat-obatan yang diproduksi tersebut hingga dapat menyembuhkan pasien. Hal tersebut termasuk pelayanan obat-obatan, pengaplikasian pada pasien, hingga pelayanan obat di pelayanan farmasi.

Dalam penerapannya di dunia nyata, farmasi klinis adalah pelayanan resep dokter, monitoring obat pada pasien, pengelolaan obat, dan sektor farmasi klinis terbesar adalah apotek. Inti dari farmasi klinis lebih fokus terhadap pasien dan pelayanan obat. Sebaliknya, farmasi industri adalah pembuatan dari obat itu sendiri.

Itulah penjelasan singkat dari farmasi industri dan perbedaannya dengan farmasi klinis. Semoga dengan ulasan di atas kamu bisa membedakan dan lebih mengerti dengan bidang farmasi industri.